RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat Pendidikan :
Sekolah Dasar
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / 2
Alokasi Waktu : 35 menit
I.
Standar
Kompetensi
Mendengarkan
5. Mendengarkan
pengumuman dan pembacaan pantun
II.
Kompetensi
Dasar
III.
Indikator
a.
Kognitif
1.
Produk : Menjelaskan isi pengumuman
2.
Proses : - Menyebutkan pokok-pokok pengumuman yang telah
didengar
- Menyampaikan
kembali isi pengumuman yang telah didengar
b.
Afektif
1.
Karakter : Membangun rasa percaya diri
2.
Ketrampilan Sosial : Meningkatkan rasa
percaya diri dengan menyampaikan hasil jawabannya di depan kelas
c.
Psikomotor
Menghias
papan pengumuman yang ada di sekolah
IV.
Tujuan
Pembelajaran
a. Kognitif
1. Produk
: Siswa mampu menjelaskan isi pengumuman
1.
Proses : - Siswa mampu menyebutkan pokok-pokok
pengumuman yang
telah didengar
- Siswa mampu menyampaikan kembali isi
pengumuman yang telah didengar
b. Afektif
1. Karakter
: Siswa mampu membangun rasa percaya diri
2. Ketrampilan
Sosial : Siswa mampu meningkatkan rasa percaya diri dengan
menyampaikan hasil jawabannya di depan kelas
menyampaikan hasil jawabannya di depan kelas
c. Psikomotor
Siswa mampu menghias
papan pengumuman yang ada di sekolah
V.
Materi
Pembelajaran
Pengumuman lisan
VI.
Model
dan Metode Pembelajaran
a. Model
Pembelajaran : CBSA
b. Metode
Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, diskusi
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Kegiatan
Awal
a.
Apersepsi
·
Guru mengucapkan salam
· Siswa
diminta memimpin doa pembuka
· Guru
melakukan presensi
b.
Orientasi
Guru
menyampaikan materi yang akan diajarkan
c.
Motivasi
Guru melakukan tanya
jawab dengan siswa mengenai contoh-contoh pengumuman yang ada di lingkungan
rumah dan sekolah
2.
Kegiatan
Inti
a. Penggalan
I
· Guru
menjelaskan tentang pengertian pengumuman
· Guru
memberi contoh pengumuman lisan dan pengumuman tertulis
b. Penggalan
II
· Guru
membacakan contoh pengumuman lisan dan siswa diminta mendengarkan serta
menyimak pengumuman tersebut
· Guru
membagikan LKS kepada siswa
· Siswa
diminta menjawab soal pada LKStentang isi pengumuman yang telah didengar
· Guru
meminta siswa menukar kertas jawaban dengan teman di sebelahnya
· Guru
dan siswa bersama-sama membahas jawabanLKS tentang isi pengumuman
· Guru
meminta beberapa siswa untuk maju menceritakan kembali isi pengumuman
c. Penggalan
III
· Siswa
diminta menghias papan pengumuman yang ada di kelas
3.
Kegiatan
Akhir
a. Merangkum
Guru dan siswa bersama-sama merangkum
materi yang telah dipelajari
b. Menilai
· Guru
membagikan lembar evaluasi
· Siswa
diminta mengerjakan lembar evaluasi dan dikumpulkan
c. Refleksi
· Siswa
diminta merefleksikan pelajaran
· Siswa
diminta memimpin doa penutup
|
2
menit
10
menit
3 menit |
VIII. Penilaian
a. Kognitif
1. Produk (terlampir)
2. Proses (terlampir)
b. Afektif (terlampir)
c. Psikomotor (terlampir)
a. Kognitif
1. Produk (terlampir)
2. Proses (terlampir)
b. Afektif (terlampir)
c. Psikomotor (terlampir)
IX.
Sumber
Belajar
· Buku Bahasa Indonesia untuk SD kelas VI
· Penguman tertulis dan pengumuman lisan
· Buku Bahasa Indonesia untuk SD kelas VI
· Penguman tertulis dan pengumuman lisan
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas IV
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar