CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sabtu, 17 November 2012

RPP Tematik Kelas 1 Semester 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK
(RPP TEMATIK) 
Satuan Tingkat Pendidikan  :  Sekolah Dasar
Kelas / Semester                  :  I / 1                 
Tema                                    :  Budi Pekerti   
Alokasi Waktu                     :  2 x 35 menit   

I.       Standar Kompetensi
   ·    IPS  : 1. Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati 
                  dalam kemajemukan keluarga
   ·    IPA  : 2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
   ·    PKn : 3. Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

II.      Kompetensi Dasar
·               -    IPS : 1.3. Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga
·               -    IPA : 2.1. Menceritakan perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan 
                               dan lingkungan  sekitar
·               -    Pkn : 3.1. Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah



III.     Indikator
·              IPS
a.  Kognitif
1.    Produk : Menjelaskan kasih sayang antar anggota keluarga yang tinggal
                      satu rumah
2.    Proses :  -   Menyebutkan contoh kasih sayang
   -   Menceritakan kasih sayang antar saudara
   -   Menceritakan kasih sayang orangtua kepada anak
b.  Afektif
1.    Karakter : Menunjukkan sikap kasih sayang terhadap sesama
2.    Ketrampilan sosial : Menyayangi teman-teman satu kelas
c.  Psikomotorik : Membuat sesuatu dari kertas (melipat atau menggunting 
                              kertas) untuk teman sebagai tanda kasih sayang

·               IPA
a.  Kognitif
1.    Produk : Menyadari perlunya merawat tanaman, hewan peliharaan 
                      dan lingkungan
2.    Proses :  -    Menyebutkan cara merawat tanaman, hewan peliharaan 
                           dan lingkungan sekitar
   -    Menyebutkan manfaat merawat tanaman, hewan dan 
        lingkungan
b.  Afektif
1.    Karakter : Menunjukkan sikap sadar akan pentingnya merawat 
                        lingkungan
2.    Ketrampilan sosial : Mengusulkan perawatan lingkungan di sekolah
c.  Psikomotorik : Membersihkan lingkungan sekolah

·                Pkn
a.  Kognitif
1.    Produk : Menunjukkan hidup rukun di rumah dan sekolah
2.    Proses :  -    Menuliskan contoh hidup rukun di rumah dan sekolah
   -    Menyebutkan man-faat hidup rukun
b.  Afektif
1.    Karakter : menghormati perbedaan
2.    Ketrampilan sosial : menghormati teman yang berbeda suku dan 
                                        agama
c.  Psikomotorik : Membuat tabel contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah

IV.     Tujuan Pembelajaran
·              IPS
a.  Kognitif
1.    Produk : Siswa mampu menjelaskan kasih sayang antar anggota 
                      keluarga yang tinggal satu rumah
2.    Proses :  -    Siswa mampu menyebutkan contoh kasih sayang
   -    Siswa mampu menceritakan kasih sayang antar saudara
   -    Siswa mampu menceritakan kasih sayang orangtua 
        kepada anak
b.  Afektif
1.    Karakter : Siswa mampu menunjukkan sikap kasih sayang terhadap 
                        sesama
2.    Ketrampilan sosial : Siswa mampu menyayangi teman-teman satu kelas
c.  Psikomotorik : Siswa mampu membuat sesuatu dari kertas (melipat atau 
                             menggunting kertas) untuk teman sebagai tanda kasih 
                             sayang

·               IPA
a.  Kognitif
1.  Produk : Siswa mampu menyadari perlunya merawat tanaman, hewan 
                    peliharaan dan lingkungan
2.  Proses :  -    Siswa mampu menyebutkan cara merawat tanaman, hewan 
                         peliharaan dan lingkungan sekitar
 -    Menyebutkan manfaat merawat tanaman, hewan dan 
      lingkungan
b.  Afektif
1.   Karakter : Menunjukkan sikap sadar akan pentingnya merawat
                       lingkungan
2.   Ketrampilan sosial : Mengusulkan perawatan lingkungan di sekolah
c.    Psikomotorik : Membersihkan lingkungan sekolah

·               Pkn
a.  Kognitif
1.   Produk : Menunjukkan hidup rukun di rumah dan sekolah
2.  Proses :  -    Menuliskan contoh hidup rukun di rumah dan sekolah
 -    Menyebutkan manfaat hidup rukun
b.  Afektif
1.  Karakter : menghormati perbedaan
2.  Ketrampilan sosial : menghormati teman yang berbeda suku dan agama
c.  Psikomotorik : Membuat tabel contoh hidup rukun di rumah dan di sekolah

V.     Materi Pembelajaran
  ·    Kasih sayang antar anggota keluarga
  ·    Merawat tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan sekitar
  ·    Hidup rukun di rumah dan di sekolah

VI.   Model dan Metode Pembelajaran
  a.   Model Pembelajaran : CBSA
  b.   Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab

VII.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Waktu
1.  Kegiatan Awal
a.    Apersepsi
  ·      Guru mengucapkan salam
  ·      Siswa diminta memimpin doa
  ·      Guru melakukan presensi
b.    Orientasi
  Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan
c.    Motivasi
  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa 
  menyangkut materi yang akan diajarkan
 

2.  Kegiatan Inti
·   IPS
a.  Siswa diminta menyebutkan contoh kasih 
     sayang
b.  Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok
c.  Guru meminta siswa bercerita di dalam 
     kelompok masing-masing secara bergantian 
     tentang kasih sayang orangtua kepada anak 
     dan kasih sayang antar saudara
d.  Guru membagikan kertas lipat kepada siswa
e.  Guru meminta siswa untuk membuat sesuatu
     untuk teman sebagai tanda kasih sayang dari 
     kertas lipat yang telah dibagikan (melipat atau 
     menggunting kertas lipat)
f.  Guru meminta siswa bertukar hasil dari kertas 
     lipat yang telah dibuat dengan teman satu 
     bangku
·   IPA
a.  Siswa diminta menyebutkan cara merawat 
     tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan 
     sekitar
b.  Siswa diminta menyebutkan manfaat merawat 
     tanaman, hewan peliharaan dan lingkungan
c.  Siswa diminta mengusulkan ide cara merawat 
     lingkungan kelas
d.  Guru dan siswa menetapkan waktu untuk 
     membersihkan lingkungan kelas bersama-sama
·   Pkn
a.  Siswa diminta menyebutkan manfaat hidup 
     rukun
b.  Siswa diminta menuliskan contoh hidup rukun 
     di rumah dan sekolah
c.  Guru meminta siswa satu persatu membacakan 
     contoh hidup rukun yang telah dituliskan tadi


3.  Kegiatan Akhir
a.  Merangkum
Guru dan siswa bersama-sama merangkum materi 
yang telah dipelajari
b.  Menilai
·    Guru membagikan lembar evaluasi
·    Siswa diminta mengerjakan lembar evaluasi 
     dan dikumpulkan
 c.  Refleksi
·    Siswa diminta merefleksikan pelajaran
·    Siswa diminta memimpin doa penutup
5 menit












60 menit




















60 menit













60 menit













 5 menit

VIII.   Penilaian
  ·    IPS
   a.    Kognitif
   1.    Produk
    -    Jenis tagihan : tes tertulis (uraian)
     Soal : (terlampir)
    -    Skor penilaian : 25 x jumlah soal
   2.    Proses (terlampir)
   b.    Afektif
   1.    Karakter (terlampir)
   2.    Ketrampilan sosial (terlampir)
   c.    Psikomotorik (terlampir)

   ·   IPA
   a.    Kognitif
   1.   Produk
   -    Jenis tagihan : tes tertulis (uraian)
   Soal : (terlampir)
   -    Skor penilaian : 25 x jumlah soal
    2.   Proses (terlampir)
    b.    Afektif
    1.   Karakter (terlampir)
    2.   Ketrampilan sosial (terlampir)
    c.    Psikomotorik (terlampir)

    ·    Pkn
     a.   Kognitif
    1.   Produk
   -     Jenis tagihan : tes tertulis (uraian)
    Soal : (terlampir)
   -    Skor penilaian : 50 x jumlah soal
    2.   Proses (terlampir)
      b.  Afektif
    1.    Karakter (terlampir)
    2.    Ketrampilan sosial (terlampir)
      c.  Psikomotorik (terlampir)


IX.     Sumber Belajar 
           ·    Jatmiko Wasis, Inoki & Mariyono San Dwi. 2008. Ilmu Pengetahuan 
                 Sosial: Bangga  Menjadi Insan Berwawasan Lingkungan untuk SD/MI 
                 Kelas I. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
           ·    Purwati, Sri & Surono. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 1 untuk SD/MI 
                 Kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
           ·    Widihastuti, Setiati & Fajar Rahayuningsih. Pendidikan Kewarganegaraan 
                 untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
           ·    Kertas lipat
           ·    Contoh dalam realitas kehidupan   

                                                                                              Yogyakarta, 13 Desember 2011


Mengetahui,                
Kepala Sekolah                                                                                    Guru Kelas I    
                                                                                                                                                                                               



                                                                                                       Winda Sukma Anindita
NIP                                                                                                 NIM. 091134031

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar