RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Identitas
Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas : IV
Semester : 1
Mata Pelajaran :
IPA
Alokasi Waktu :
1 x 35 menit
B. Standar
Kompetensi
2. Memahami hubungan antara struktur
bagian tumbuhan dengan fungsinya
C. Kompetensi
Dasar
2.4 Menjelaskan hubungan antara bunga
dengan fungsinya
D. Indikator
Pencapaian Kompetensi
· Menyebutkan bagian-bagian bunga
· Menjelaskan fungsi masing-masing bagian
dari bunga
E. Tujuan
Pembelajaran
· Siswa mampu menyebutkan bagian-bagian
bunga
· Siswa mampu menjelaskan fungsi
masing-masing bagian dari bunga
F. Berkarakteristik
Menghargai tumbuhan sebagai makhluk
hidup
G. Materi
Ajar
Bagian-bagian bunga dan fungsinya
H. Metode
pembelajaran:
Tanya jawab,
diskusi, CBSA
I. Kegiatan Pembelajaran:
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan:
· Guru mengucapkan salam
· Siswa memimpin doa
· Guru melakukan presensi
· Siswa menyanyikan lagu “Lihat
Kebunku”
· Guru menyampaikan materi yang akan
diajarkan
· Guru melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai macam-macam bunga dan bagian-bagian bunga
Kegiatan Inti:
- Eksplorasi:
·
Guru
menampilkan gambar bagian-bagian bunga
· Siswa menyebutkan bagian-bagian bunga dan fungsinya
- Elaborasi:
·
Guru
membagi siswa menjadi 4 kelompok
·
Guru membagikan
2 macam bunga kepada masing-masing
kelompok
·
Siswa
mengidentifikasi bunga tersebut beserta bagian-bagiannya
·
Siswa
mempresentasikan hasilnya
- Konfirmasi:
·
Guru
melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·
Guru
melakukan tanya jawab untuk meluruskan kesalah pahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
Kegiatan Akhir:
· Siswa mengerjakan lembar evaluasi
individu dan dikumpulkan
· Siswa diminta merefleksikan
kegiatan belajar pada hari tersebut
·
Siswa memimpin doa penutup
|
5
menit
20 menit
10 menit
|
J. Penilaian hasil belajar:
Contoh
soal:
Sebutkan nama bagian-bagian bunga dan sebutkan fungsinya!
Skor Nilai : 50
Total Nilai : 100 (skor nilai x 2)
-
Afektif
: Lembar Observasi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||||
Menghargai
teman
|
Interaksi
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
Nilai
:
·
5-6
= A (sangat baik)
·
3-4
= B (baik)
·
2-1
= C (kurang baik)
·
Psikomotorik
: Lembar Observasi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||||
Bekerja
sama
|
Menjawab
pertanyaan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
·
Skor Nilai = 9
·
Total Nilai = 100 (skor nilai x 100
/ 9)
K. Sumber dan media belajar
- BSE IPA Kelas IV
- Gambar bagian-bagian bunga
- Macam-macam bunga
Yogyakarta, 21 Desember 2012
Mengetahui,
Dosen Pembimbing
Th, Yunia, M.Hum.
|
Praktikan
Winda Sukma Anindita
091134031 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar